Menginjak Bumi


Mungkin saat ini anda sudah menjadi pemimpin perusahaan atau pemilik perusahaan. Sering kali setelah anda menaiki jenjang karir, dan bisnis anda berkembang menjadi lebih besar maka anda lepas dari kenyataan yang ada di lapangan. Ada pentingnya anda kembali memikirkan apakah anda masih 'stay in touch' dengan bisnis anda. Apakah anda masih menginjak bumi anda?

Apakah anda masih melihat produk anda ditaruh seperti apa di toko. Apakah anda masih melihat pelanggan anda yang baik itu siapa. Atau apakah anda masih memikirkan produk dan perusahaan anda. Apakah anda masih berhubungan dengan pemasok anda.

Dulu anda masih melayani secara langsung para pelanggan anda. Sekarang sudah ditangani oleh staf anda bahkan level di bawahnya. Apakah anda sudah kehilangan perasaan anda berhubungan dengan pelanggan.

Sam Walton dari WallMart masih menyempatkan dalam aktivitas seharinya untuk melayani langsung para pelanggannya di counter. Memasukkan dan membungkuskan barang belanjaan para pembelinya di WallMart. Kadang-kadang orang kaget melihat dia melakukan hal ini. Karena dialah pemilik toko tersebut dan ribuan outlet lainnya. Memang dia menyempatkan diri untuk bisa ketemu dengan pembeli dan pemasok. Dia ingin melihat barang di lapangan dan bagaimana perlakuannya.

Sering kita lupa ketika kita sudah naik dalam jenjang karir/bisnis kita tentang hal-hal mendasar dalam kehidupan berbisnis kita. Cobalah bila anda pemilik perusahaan sekali-kali menelpon perusahaan anda. Bila suara anda dikenal, mungkin bisa minta tolong yang lain.

Coba tanya produknya. Lihat bagaimana orang di kantor menangani pelanggan. Apakah anda sudah tahu bahwa semuanya bagus. Tentu kalau untuk perusahaan multinasional dapat menyewa sebuah perusahaan surveyor untuk melakukan itu. tapi bila perusahaan menengah atau kecil, alangkah baiknya sekali-kali melakukan test kembali ke perusahaan anda.

Misalkan anda telpon ada problem, "Pak, komputer yang Bapak kirim rusak. Enaknya bagaimana? Bisa nggak kirim orang untuk memperbaikinya?" Lalu kita bisa tahu dari respon telpon itu seberapa baik atau seberapa buruk sebenarnya perusahaan kita berfungsi.

Hal-hal sederhana seperti ini dilupakan orang ketika dia telah menapak jenjang tertinggi karirnya. Seperti tidak lagi mau berbicara dengan satpam di bawah, apa problem mereka di lapangan. Kalau kita sadar hal ini, maka kita akan menjadi pemimpin yang efektif dalam berbisnis ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Salam sukses untuk anda.

Komentar

  1. Terimakasih atas artikel yang sudah diberikan.Semoga memberikan informasi tambahan untuk kita semua.Dan semoga kita jiga dapat memetik kesimpulan yang baik untuk artikel diatas.
    BTW, udah bergabung dengan program publisher dari http://negeriads.com? Kalau belum, boleh dicoba bergabung. Gratis. Sudah ada 10.000+ publisher yang bergabung, lho. Daftar tanpa biaya, dan selalu dibayar tepat waktu. Silakan dicoba aja. Keterangan lengkap ada di websitenya, :)

    BalasHapus

Posting Komentar